Indeks Forum Forum Diskusi Kristen Forum Diskusi Kristen

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Hukum Sunat

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Kristen -> Forum Bebas
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
mario



Sejak: 26 Nov 2007
Post: 81
Lokasi: Kalimantan Timur

PostDikirim: Jum Desc 14, 2007 2:04 am    Judul: Hukum Sunat Balas dengan kutipan

Saudaraku yang terkasih dalam Tuhan Yesus,
Ada beberapa pengertian yang ingin saya sampaikan mengenai "HUKUM SUNAT" bagi orang kristen.
Banyak saudara kita mengambil pengertian Sunat adalah untuk kesehatan, kebersihan atau yang lainnya.
Ada kalanya kita umat kristiani dikatakan sebagai kaum yang tidak bersunat.
Untuk dapat lebih mengerti tentang SUNAT mari kita kembali membaca di Alkitab perjanjian lama di kitab Kejadian.


Bacaan: Kejadian 17:7-10

ISI PERJANJIAN SUNAT ANTARA ALLAH DENGAN ABRAHAM
Kejadian 17
17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
17:8 Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kau diami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka."
17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;

Jelas bahwa Allah mengikat perjanjian dengan Abram (namanya waktu itu dan kemudian diganti menjadi Abraham) yaitu

Dari Pihak Abraham:
Allah menjadi Allahnya dan Allah keturunannya
Dari Pihak Allah:
Memberikan tanah Kanaan sebagai tanah perjanjian/milik pusaka keturunan Abraham selama-lamanya.
dan ikatan perjanjian itu dilakukan dengan "SUNAT"

Dengan demikian pengertiannya adalah Sunat hanya berlaku bagi keturunan Abraham yang kaitannya dengan tanah perjanjian yaitu Kanaan. Setiap keturunan Abraham baik dari Ismail ataupun Isak haruslah disunatkan sehingga dengan Sunat tersebut masing-masing bangsa keturunan mereka ingat bahwa Tanah Kanaan adalah miliki Pusaka keturunan dari Abraham serta mereka mengakui bahwa Allah Abraham adalah juga Allah mereka.
Keturunan Abraham adalah 2 yaitu Isak dan Ismail, akan tetapi yang disebut sebagai "Keturunanmu" adalah Ishak.
Mengapa Ishak yang disebutkan sebagai "Keturunanmu"

Kejadian 21
21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

Roma 9
9:7 dan juga tidak semua yang terhitung keturunan Abraham adalah anak Abraham, tetapi: "Yang berasal dari Ishak yang akan disebut keturunanmu."

Galatia 3
3:16 Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu", yaitu Kristus.

Ibrani 11
11:18 walaupun kepadanya telah dikatakan: "Keturunan yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut keturunanmu."

Berdasarkan ayat-ayat tersebut diatas maka yang memiliki hak atas tanah Kanaan adalah Israel (keturunan Yakub), tetapi keturunan Ismail tidak memiliki hak atas tanah tersebut melainkan mengakui hak kepemilikan dari tanah Kanaan ada pada Israel karena mereka juga bersunat.
Janji ini tergenapi pada saat bangsa Israel keluar dari tanah Mesir mereka masuk ke Tanah Perjanjian Yaitu Kanaan sampai dengan saat ini.

Pengertian akan "Keturunanmu" dapat dilihat pada kitab Kejadian 3:15

"Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Nyata bahwa maksud dari Allah untuk pengertian "Keturunanmu" adalah perjanjian akan datangnya penyelamat atau "Mesias".

Kaitan dari semua ini adalah:
Allah akan menurunkan Juru Selamat sebagai perjanjian_Nya dari keturunan Abraham yang berasal dari Sara bukan dari budaknya.

Perjanjian Sunat sendiri juga berarti bahwa "Setiap keturunan Abraham harus mengakui Allah sebagai Allah mereka dan menyembahnya" sehingga setiap orang yang bersunat mau tidak mau harus menyembah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yacub yaitu Allah yang menjanjikan juru selamat yang datang dari keturunan Abraham melalui Sara istrinya.

Perlu diperhatikan juga bahwa setiap orang yang "BERSUNAT" tidak percaya kepada Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yacub dan jika ingin mengeluarkan bangsa Israel dari tanah perjanjian, mereka telah melanggar hukum sunat itu sendiri dan setiap pelanggaran ada upah yang harus diterima.

Kita yang bukan keturunan Abraham secara lahiriah dikatakan sebagai orang yang tidak bersunat yang juga berarti orang yang tidak mengenal Allah tetapi karena Kristus sebagai keturunan yang dijanjikan itu maka setiap orang yang percaya kepadanya dilayakkan dihadapan Bapa karena pengorbanan_Nya untuk mati dikayu salib.

Kita orang kristen adalah keturunan Abraham sebagai Bapa orang beriman.

Sebelum Tuhan Yesus naik kesurga Dia telah menyampaikan perintah yaitu:

Matius 28:19
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Bukan perintah untuk disunatkan melainkan "BAPTISLAH".

Tuhan Yesus Memberkati
Salam
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
priskila_sweet



Sejak: 19 Okt 2007
Post: 34
Lokasi: Jakarta

PostDikirim: Sab Feb 09, 2008 9:14 am    Judul: Balas dengan kutipan

wah... bagus baget yach mas Mario kalau ngasih firman, lengkap

tapi saya mau nanya satu hal,
kalau keturunan abraham disunat, dan Yesus pun disunat,
kenapa kita umat kristen tidak mengikuti Yesus disunat ?
suatu perbuatan Yesus patut diikuti artinya itu suatu kebenaran/ajaran juga
sebagai Allah yang Hidup, iya kan pak Mario...

tapi kenapa malah yang Muslim yang menjalankan apa yang pernah dijalankan oleh Yesus itu sendiri?

Trims yaaa
Very Happy
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email Kunjungi situs pengirim Yahoo ID MSN Messenger
mario



Sejak: 26 Nov 2007
Post: 81
Lokasi: Kalimantan Timur

PostDikirim: Min Feb 24, 2008 9:19 am    Judul: Balas dengan kutipan

Saudaraku Priskila, salam dalam Kasih Tuhan kita Yesus Kristus,

Memang orang kristen tidak mengikuti jejak Yesus?? (tentunya mengenai sunat).

Aturan sunat adalah untuk memastikan bahwa yang akan melahirkan "Keturunan" yang dijanjikan adalah dari Ishak dan mengapa harus dilakukan "Sunat" ???
Pada saat itu Abraham telah mempunyai keturunan dari budaknya yaitu Ismail sementara Allah berjanji kepada Abram (namanya waktu itu) bahwa dia akan memiliki keturunan dari Sara istrinya.
Kelahiran "Keturunan" perjanjian (Kristus) haruslah diselamatkan pada jalurnya. Allah melakukan satu perjanjian yaitu "Sunat" sebagai tanda dari jalur manakah "Keselamatan" itu datang.
Seperti yang tertulis diatas bahwa yang akan meneruskan perjanjian adalah yang memiliki "Tanah Pusaka" yaitu Kanaan. Selanjutnya sampai saat ini yang menempati tanah perjanjian tersebut adalah bangsa Israel dimana Yesus telah dilahirkan.

Sunat sendiri memiliki Hukum yang kuat dimana Hukum ini juga berarti bahwa siapa yang tidak bersunat dia dikatakan sebagai orang yang tidak mengenal Allah atau bangsa yang tidak mengenal Allah. (baca dan mengerti tentang perjanjian sunat yang disampaikan Allah kepada Abraham) "Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu" dan hukum ini dikuatkan lagi dengan firman Allah "Barang siapa diantara bangsamu yang tidak bersunat dia harus dilenyapkan atau mati". Ini dilakukan Allah untuk melindungi rencanaNya akan "Keturunan" yang dijanjikan itu dan bangsa pilihan. Artinya bahwa barang siapa yang bersunat jika dia tidak percaya atau tidak mengakui TUHAN Allah nya Israel sebagai Tuhannya dan yang ingin meruntuhkan atau mengusir bangsa Israel keluar dari tanah perjanjian dia harus mati.

Mengapa orang kristen kok tidak bersunat?? Berarti orang kristen adalah orang yang tidak mengenal Allah?? mungkin demikian kaitan dari penjelasan saya.

Pada saat kelahiran Kristus Yesus, Dia masih tahluk dibawah hukum Taurat dan Dia adalah keturunan Abraham dan Dia adalah penggenapan dari hukum Taurat yaitu sebagai Anak domba Allah untuk menebus dosa umat manusia sekali dan selamanya.

Orang yang bersunat harus melaksanak Hukum Taurat atau Tahluk dibawah Hukum Taurat.

Roma 2
2:25 Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya.
Roma 2
2:26 Jadi jika orang yang tak bersunat memperhatikan tuntutan-tuntutan hukum Taurat, tidakkah ia dianggap sama dengan orang yang telah disunat?

Mengapa Tuhan Yesus menyampaikan perintah seperti yang tertulis pada

Lukas 16
16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.

Karena dengan disampaikannya Hukum yang baru yaitu Injil serta kematianNya di kayu salib maka Hukum Taurat sudah digenapi dan ini berarti bahwa Sunat sudah tidak berlaku lagi melainkan setiap orang harus di baptiskan didalam nama Bapa sebagai Tuhan yang telah menciptakan segala sesuatu dan yang kepadaNya kita harus menyembah, Anak yang daripadaNya kita diselamatkan dengan tubuh dan darahNya serta Roh Kudus yang akan selalu menuntun kita berjalan dan hidup dalam kekudusan dan pada saatnya nanti kita dibangkitkan dalam kekudusan sehingga kita beroleh hidup yang kekal.

Mengapa saudara kita kaum muslim masih menjalankan Hukum sunat??
Mereka masih berpegang pada hukum Taurat dan cermati sekali lagi tentang diberlakukannya Perjanjian Sunat.

Salam dalam nama Tuhan Yesus.
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
Krisnat



Sejak: 19 Feb 2008
Post: 9
Lokasi: retert

PostDikirim: Sen Mar 03, 2008 2:48 am    Judul: Balas dengan kutipan

Jadi yang dimaksud itu,apakah haram kita ini bersunat ataukah bole-boleh saja,kalau haram untuk bersunat maka resiko terserang penyakit kelamin akan besar
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kunjungi situs pengirim AIM Address Yahoo ID MSN Messenger
mario



Sejak: 26 Nov 2007
Post: 81
Lokasi: Kalimantan Timur

PostDikirim: Sen Mar 03, 2008 9:36 am    Judul: Balas dengan kutipan

Saudara Krisnat yang terkasih didalam Tuhan Yesus,

Saya tidak berani mengatakan haram atau tidak untuk orang yang bersunat (yang dimaksud ini adalah orang kristen) tapi yang penting disini adalah tujuan dia menyunatkan dirinya.
Jika tujuannya untuk memenuhi hukum Taurat maka dia harus mengikutinya tetapi jika tidak, yang bagaimana tujuannya?

Jika untuk kesehatan, Banyak orang yang bersunat yang terkena penyakit kelamin demikian juga yang tidak bersunat.
Terkena penyakit atau tidak, tinggal bagaimana kita memperlakukan tubuh kita yang telah dipercayakan Tuhan kepada kita karena, orang yang percaya kepada Tuhan Yesus sebagai juruselamatnya tidak akan terkena penyakit kelamin.
Kembali kepada Hukum sunat tadi, jika kita percaya kepada Kristus sebagai juruselamat apakah perlu sunat lagi?
Apakah keselamatan yang merupakan kasih karunia akan kita gantikan dengan hasil dari perbuatan?
Terserah bagaimana kita mau keselamatan itu didapat.

Mungkin ini yang dapat dijelaskan karena ayat-ayat telah ada semua dibacaan diatas.

Salam
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
priskila_sweet



Sejak: 19 Okt 2007
Post: 34
Lokasi: Jakarta

PostDikirim: Sel Mar 04, 2008 10:59 am    Judul: Balas dengan kutipan

mario wrote:
Saudara Krisnat yang terkasih didalam Tuhan Yesus,

Saya tidak berani mengatakan haram atau tidak untuk orang yang bersunat (yang dimaksud ini adalah orang kristen) tapi yang penting disini adalah tujuan dia menyunatkan dirinya.

Jika untuk kesehatan, Banyak orang yang bersunat yang terkena penyakit kelamin demikian juga yang tidak bersunat.

Salam


Setuju, Pak Mario,,,

Sunat itu bagus untuk kesehatan kata orang, tapi tidak menjamin, iya kan pak ???
kalau masalah penyakit, apapun itu jika kita berdoa ,
mujizat itu pasti terjadi bagi orang yang beriman dan kuat, teguh, kita pasti berkuasa...atas penyakit. Jad semua ada pada Kasih karunia Tuhan Yesus.
bagi orang yang belum mengenal siapa Dia, dan mengerti arti Firman lebih luasakan selalu mempermasalahkan hal-hal sepele
padahal yang yang lebih besar dari itu ada dan tidak dimengerti, untuk itulah kita dalam memahami alkitab minta petunjuk dari Tuhan Yesus dan roh Kudus maka isi Alkitab yang sesungguhnya akan terungkap
kita tidak akan terus2 mencela atau menjelek-jelekkannya...
Untuk apa yang tertulis kalau firman yang hidup sudah ada....
itulah kelebihan firman yang hidup Tuhan Yesus Kristus, ,,,


God Bless Usss Very Happy

*********** KUASANYA NYATA *******************
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email Kunjungi situs pengirim Yahoo ID MSN Messenger
riyan



Sejak: 28 Jul 2010
Post: 12
Lokasi: sukoharjo

PostDikirim: Rab Ags 04, 2010 1:58 am    Judul: Balas dengan kutipan

sunat nya dimana umur brapa ?
ap penyakit yang di timbulkan kalu tidak di sunat?
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Kristen -> Forum Bebas Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by phpBB © 2001, 2005 phpBB Group